Deputi Menko Perekonomian Dorong UMKM Naik Kelas

Jakarta – Kementerian Perekonomian terus berupaya mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas. Hal ini guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Deputi Bidang Koordinator Perniagaan dan Kewirausahaan Kementerian Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan tugas Kementerian Perekonomian adalah terkait dengan kebijakan mulai dari membenahi akses pasar, beban regulasi, beban birokrasi dan kapasitas.  “Jadi kita mendorong supaya UMKM naik kelas terus jangan jadi M terus artinya harus kita bina agar naik kelas menjadi UMKM ber NPWP,” ujarnya dalam acara Konferensi Pemberdaya UMKM Nasional 2013, di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Menurutnya, jika UMKM naik kelas dan memiliki NPWP maka dapat menolong mereka untuk mengajukan pinjaman ke bank, maupun mengikuti sebuah pameran. Karena NPWP bisa menjadi tanda identitas bagi UMKM. “Dia sudah punya tanda formal sendiri,” ujarnya.

Sementara Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syariefuddin Hasan mengatakan jika pelaku UMKM memiliki NPWP maka mereka akan terbiasa bertanggung jawab dan taat membayar pajak.

“Sehingga kredibilitas UMKM tersebut lebih tinggi dan yang terpenting kalau butuh modal lagi, perbankan bisa lebih mudah untuk memberikan kredit karena jadi sektor formal,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan UMKM yang memiliki NPWP ini pastinya besaran pajak lebih ringan dan tidak sama dengan perusahaan besar. “Pemerintah sudah memberikan keringanan untuk UMKM dengan penetapan pajak 1 persen. Ini sudah paling rendah dari pada harus menanggung pajak ketentuan umum yang dikenakan 25 persen dari omzet. Coba saja dihitung,” ujarnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight × = 48

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>